Komponen Pada Web Ecommerce Standar Yang Wajib Ada

komponen web ecommerce
Teknologi

Komponen Pada Web Ecommerce Standar Yang Wajib Ada

Komponen pada web ecommerce cukup banyak. Situs yang baik perlu menyediakannya. Tujuannya untuk memperlancar proses pengoperasiannya. Dengan lancarnya operasional, tujuan dari pembuatan situs akan terealisasi sesuai rencana.

Orang-orang yang mampu mewujudkannya biasanya telah ahli di bidang pembuatan website. Anda yang memerlukannya sebaiknya mempekerjakan jasa pembuatan website yang handal. Baik dalam mewujudkan desain sesuai keinginan, sampai merealisasikan komponen yang diperlukan dalam situs.

Khusus untuk situs ecommerce, ada beberapa komponen dasar yang seharusnya ada. Di antara komponen yang dimaksud adalah sebagai berikut ini.

Penjual dan Pembeli

Ecommerce dipahami sebagai situs jual beli melalui perangkat elektronik. Di situs ini, penjual dari manapun akan dipertemukan dengan customer/pembelinya.

Penjual dan Pembeli

Penjualnya nantinya akan menawarkan produk fisik ataupun jasa. Metode penjualannya dengan menawarkan produk yang terlisting di dalam situs tersebut. Biasanya sudah dilengkapi dengan label harga, total barang, deskripsi produk dan lain sebagainya.

Kesemuanya sudah dikelompokkan dalam satu kategori. Misalnya ingin menjual keripik singkong, ini akan masuk dalam kategori makanan. Begitu pula jika ingin menjual hp, maka hp ini akan masuk dalam kategori barang elektronik/smartphone.

Sementara customer merupakan pengguna lain yang sedang berburu produk di situs tersebut. Calon pembeli akan mengeksplor ke dalam situs untuk menemukan produk yang diinginkan.

Produk

Komponen pada web ecommerce lainnya adalah produk. Produk ini tersedia dalam beberapa bentuk. Mulai produk fisik, produk elektronik, sampai produk berupa jasa.

produk dan fasilitas

Produk fisik ini meliputi barang-barang yang digunakan secara fisik. Contohnya ialah smartphone, laptop, makanan, dan lain sebagainya.

Sementara produk elektronik ini biasanya berupa produk yang bisa dimanfaatkan melalui bantuan teknologi. Contohnya ialah buku elektronik yang nantinya dibaca melalui perangkat smartphone.

Kemudian produk jasa ini berupa layanan jasa. Ketika seseorang memerlukan jasa/tenaga untuk mengerjakan sesuatu, pemilik jasa akan mengerjakannya. Contohnya jasa memperbaiki barang elektronik, jasa membersihkan kolam dan lain sebagainya.

Fasilitas

Dikarenakan ecommerce ini menjadi pasar elektronik, tentunya pemiliknya akan memberikan fasilitas pendukung untuk memudahkan aktifitas melalui internet. Situs ini diterbitkan, lantas diisi dengan berbagai hal untuk mendukung kemudahan transaksi.

produk dan fasilitas

Fasilitas yang dimaksud ialah memberikan kemudahan pengaksesan melalui perangkat keras, perangkat lunak serta sistem jaringan lainnya. Dengan adanya fasilitas ini, penggunanya akan lebih mudah dalam menjalankan aktifitas di situs tersebut. Misalnya menawarkan produk atau melakukan pembelian.

Menyediakan Intermediary

Intermediary dipahami sebagai perantara. Perantara ini sangat penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan bagi pengguna internet.

intermediary

Perantara ini bekerja sebagai penengah untuk mempertemukan penjual dengan pembeli. Di sisi lain, perantara ini akan bertugas sebagai pengaman dalam proses transaksi.

Ini bisa dicontohkan manakala pembeli melakukan pembelian. Uang yang disetorkan akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak ketiga. Setelah produk sampai ke tangan pembeli, barulah uang disetorkan langsung pada pihak penjual.

Front dan Back End

Ini merupakan bagian dari aplikasi web yang sangat penting disediakan. Konfigurasi dan penyusunannya harus dilakukan dengan baik. Tujuannya untuk memperlancar kegiatan dalam situs.

Front dan Back End

Jika Anda belum bisa mengaturnya, jasa pembuatan website terpercaya selalu siap untuk mewujudkannya. Dengan bekalan pengetahuan lanjut terkait pembuatan website, segala hal yang dibutuhkan dari setiap situs akan tersedia. Pemiliknya tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa front end berkaitan dengan pengaturan katalog produk, chart pembelian, portal penjual dan lain sebagainya. Sementara back end sebagai pendukungnya. Yakni meliputi pengaturan pemesanan, packaging, pembayaran, pengiriman dan lain-lain.

Untuk menjadikan situs ini lebih baik, pemiliknya perlu mempersiapkannya dengan tepat. Komponen pada web ecommerce apa saja yang dibutuhkan perlu diketahui. Setelah itu, komponennya dimasukkan pada saat membuat websitenya.

Back To Top